Langsung ke konten utama

Prosocial Behavior

"Prosocial? Apakah itu?"

Prosocial Behavior itu sendiri adalah suatu bentuk perilaku yang dilakukan oleh individu untuk membantu atau menguntungkan individulainnya secara suka rela tanpa ada paksaan.

Prosocial Behavior ini bisa disebut sebagai perilaku menolong tanpa memikirkan timbal balik atau imbalan yang akan di terimanya setelah dirinya menolong orang lain. Di lingkungan sosial kita tentu kita sudah banyak melihat banyak macam dan conth dari Prosocial Behavior ini, atau kebanyakan orang sering menyebutnya dengan "Ikhlas membantu".

Lalu, apakah perilaku tersebut di bentuk? atau memang alami ada di dalam diri kita?

Jadi, perilaku Prosocial Behavior ini di dasari oleh beberapa faktornya, antara lainnya :
  1. Egoistic Helping : tujuan utama dari melakukan pertolongan atau membantu jenis ini adalah tidak lain hanya untuk mensejahterakan dirinya sendiri.
  2. Altruistic Helping : tujuan utama dari melakukan pertolongan atau membantu jenis ini, tidak lain adalah untuk mensejahterakan orang yang di bantu. Contohnya, membantu teman kita yang sedang kesusahan dalam mengerjakan tugas.
  3. Reciprocal Helping : tujuan utama dalam melakukan pertolongan jenis ini adalah tidak lain mengharapkan timbal balik dalam hal menolong juga. Jadi, maksudnya ketika kita sudah menolong orang lain dalam kondisi kesusahan, maka kita berharap juga pada saat dalam kondisi kesusahan ingin di tolong balik oleh orang yang telah di berikan pertolongan oleh kita sebelumnya. Contohnya, A memberikan pinjaman uang pada B, A meminjamkan uang pada B dengam maksud ketika dia sedang tidak ada uang atau uangnya habis, B akan bisa membantu meminjaman uang juga pada A.
"Lalu, bagaimana apabila contohnya di dalam keluarga? misalnya, pada saat seleksi pegawai di perusahaan X, A melamar ke perusahaan X dan masuk ke tahap akhir yaitu sesi wawancara. Dan tanpa di sadari bahwa yang mewawancarai A itu adalah tidak lain pamannya sendiri, dimana pamannya itu seorang HRD di perusahaan X. Tanpa pikir panjang, paman dari A itu, langsung merekomendasikan kepada atasannya untuk menerima A di perusahaan X".


Nah jika pertanyaannya seperti itu, bisa di katakan bahwa terjadinya suatu proses "Kin Selection". Kin Selection itu sendiri adalah suatu kecenderungan yang kita miliki dalam hal membantu atau menolong orang lain yang sedarah dengan kita, satu suku bangsa dengan kita, atau satu ras dengan kita, dengan alasan menjaga keturunan keluarga.




"Sumber : Buku Social Psychology, Franzoi"

Komentar